Taman Lalu Lintas Tanjung Agung, Wahana Edukasi Lalu Lintas di Kota Siak

Dikota Siak terdapat sebuah taman yang unik dan berbeda dari taman kebanyakan. Kalau biasanya sebuah taman dikelilingi oleh tanaman hias dan pemandangan hijau, maka di Taman ini kita akan melihat banyak sekali  "Rambu-Rambu Lalu Lintas" lengkap dengan marka jalannya. Taman ini disebut Taman Lalu Lintas Tanjung Agung. 


Taman Lalu Lintas Tanjung Agung berada di kota Siak, kecamatan Mempura, kabupaten Siak propinsi Riau, tepatnya berlokasi di Komplek Perkantoran Kabupaten Siak. Taman Lalu Lintas yang dibangun diatas lahan seluas 2 Ha ini mulai dikerjakan sejak tahun 2014 dan baru diresmikan oleh Kapolda Riau Brigjen Pol. Drs. Supriyanto pada tanggal 19 September 2016 silam.

Taman yang berfungsi sebagai taman bermain dan taman pendidikan ini dibangun sebagai wujud kepedulian Polri dan Pemda setempat akan pentingnya kesadaran berlalu lintas.  Tujuan dibangunnya taman ini untuk mengenalkan pengetahuan berlalu lintas sejak dini terhadap anak-anak dan warga sekitar.

Taman yang merupakan Taman Lalu Lintas pertama di propinsi Riau bahkan mungkin di Sumatera ini didesign sebagai miniatur jalan raya dilengkapi dengan berbagai macam rambu-rambu lalu lintas. Disini warga atau pengunjung akan mengenal lebih banyak pengetahuan tentang simbol dan fungsi rambu-rambu yang lalu lintas yang selama ini mungkin belum sepenuhnya diketahui oleh masyarakat.






Idealnya sebuah taman bermain, taman ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas bermain seperti ayunan dan perosotan. Berbagai fasilitas ini tentu saja akan dapat membuat acara bermain anak-anak semakin seru dan menggembirakan. Walaupun cuaca agak sedikit mendung pada saat itu, tetapi antusias warga cukup besar untuk tetap mengunjungi Taman Lalu Lintas Tanjung Agung. Terlihat beberapa anak-anak asyik bermain didampingi oleh keluarga ataupun orang tua mereka.


Katanya sih, kedepannya akan dibangun beberapa fasilitas penunjang untuk pengembangan taman ini seperti miniatur jalur kereta api dan pelabuhan, kawasan bersepeda termasuk pedestrian untuk kaum difabel. Keberadaan taman ini sungguh sangat bermanfaat bagi masyarakat dan juga menjadi kebanggaan bagi masyarakat kabupaten Siak. Selain sebagai sarana bermain juga dapat dijadikan sarana pembelajaran tentang tertib berlalu lintas.

Yuk berwisata edukasi ke Taman Lalu Lintas Tanjung Agung Siak. Mari kita manfaatkan taman ini sebagai wahana bermain dan belajar bagi keluarga. Kita jaga bersama fasilitas yang ada dengan baik agar dapat dinikmati oleh generasi penerus kita.

Share this:

KOMENTAR

0 komentar:

Posting Komentar