Kemegahan dan Keunikan Perpustakaan Soeman HS Pekanbaru


Ada perasaan kagum ketika melihat Gedung Perpustakaan Soeman HS yang berada di kota Pekanbaru propinsi Riau. Gedung ini selalu mencuri perhatian saya ketika berkunjung ke kota ini. Desainnya yang sepintas terlihat seperti buku terbuka dan mempunyai atap berbentuk rehal atau alas untuk membaca Al-Quran membuat gedung ini menjadi salah satu gedung terunik dan megah yang ada di kota Pekanbaru. Bahkan saat ini gedung perpustakaan Soeman HS sudah menjadi salah satu landmarknya kota Pekanbaru.
Meskipun saya sempat bertugas di kota ini, tetapi belum pernah sekalipun saya singgah ataupun berkunjung ke perpustakaan ini. Malah setelah saya bertugas di kota lain keinginan dan rasa penasaran untuk mengunjungi perpustakaan Soeman HS semakin besar. Begitu ada kesempatan untuk berkunjung kembali ke kota Pekanbaru, sayapun tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk berkunjung ke perpustakaan ini.

Pemberian nama perpustakaan ini terinspirasi dari seorang tokoh pujangga baru asal Riau keturunan Tapanuli, Soeman Hasibuan atau Soeman HS yang juga dikenal sebagai penulis novel "Mencari Pencuri Anak Perawan" pada tahun 1930. Gedung perpustakaan Soeman HS ini terletak di Jl. Jend. Sudirman No. 462 dan diresmikan pada tanggal. 28 Oktober 2008 oleh Wakil Presiden Yusuf Kalla

Perpustakaan Soeman HS mempunyai design yang unik dengan standar internasional. Menurut arsiteknya Dr. Sudarto, gedung ini menggunakan dan memadukan konsep arsitektur modern dan budaya Melayu. Pilar-pilar penyangga bangunan yang bercabang banyak dengan bentukan seperti huruf V adalah representatif dari selembayung, ornamen khas Melayu yang selalu ada di ujung atap rumah bergaya Melayu. Karena keunikannya maka gedung perpustakaan ini dinobatkan sebagai design bangunan terbaik se ASEAN dan mengalahkan 20 design dari delapan negara ASEAN pada bulan Februari 2015 silam.



Gedung perpustakaan ini bagian depannya menghadap Jl. Cut Nyak Dien dan bagian kanannya menghadap Jl. Jend. Sudirman - Pekanbaru. Dibagian kanan gedung ini terdapat Monumen Perjuangan Demokrasi Rakyat Riau dan disekeliling dinding bagian luar bangunan tepatnya dilantai dasar terdapat relief-relief yang menceritakan tentang sejarah, kebudayaan, dan pendidikan di propinsi Riau.

Monumen Perjuangan Demokrasi Rakyat Riau

Salah Satu Relief yang ada di dinding bagian luar perpustakaan.

Jangan bayangkan jika berkunjung ke perpustakaan akan membosankan, Begitu masuk ke perpustakaan Soeman HS kita akan merasakan suasana yang berbeda. Bangunan 6 lantai ini benar-benar dapat menggugah keinginan kita untuk menjadikan perpustakaan sebagai tempat yang menyenangkan. Bangunannya terlihat mewah dan nyaman layaknya sebuah Mall. Sekeliling ruangan ditutupi kaca-kaca bening yang membuat penerangan dan pencahayaan didalam perpustakaan cukup baik dan juga pengunjung dapat melihat pemandangan dari luar perpustakaan. Setiap ruangan terlihat bersih dan memiliki alat pendingin yang membuat pengunjung merasa nyaman berada diruangan. Koleksi buku-bukunya juga cukup lengkap dan tersusun rapi di raknya masing-masing. Bagi anda yang ingin mengenal kebudayaan Melayu lebih dalam dapat melihat-lihat koleksi literatur budaya melayu yang cukup lengkap disini. Kesan mewah seperti sebuah hotel dan mall sangat terasa didalam gedung perpustakaan ini. Arsitektur dan interiornya sangat modern. Tidak heran kalau gedung perpustakaan Soeman HS menjadi satu-satunya perpustakaan termegah di Indonesia.






Perpustakaan yang menghabiskan dana lebih kurang 150 M dalam proses pembangunannya ini berdiri diatas lahan seluas 1,15 Ha. Fasilitas yang ada didalamnya antara lain : Ruang Baca, IBM Smart Kids, Chevron Energy Corner, KPK Corner, Bilik Sastra dan Melayu, OPAC (Online Public Acces Catalog) untuk pencarian buku, Rountable Discussion Room, Free WiFi Acces Point, Auditorium Ismail Suko, Auditorium Wan Ghalib, Auditorium Bedah Buku, Meeting Room, Multimedia Room, Children Library dan Toilet. Layaknya perkantoran dan gedung modern maka perpustakaan Soeman HS juga menyediakan Lift sebagai akses bagi pengunjung ke tiap lantainya selain tangga. Areal parkirnya juga cukup memadai sehingga pengunjung yang membawa kenderaan bermotor tidak perlu pusing untuk mencari tempat parkir kenderaannya.


Dengan fasilitas yang cukup lengkap serta ruangan yang nyaman membuat pengunjung merasa betah berlama-lama di dalam perpustakaan ini. Selain itu para petugas perpustakaan selalu siap membantu dan melayani pengunjung dengan baik dan ramah.
Waktupun bergulir tanpa terasa di perpustakaan ini. Sangat menyenangkan berkunjung di perpustakaan Soeman HS. Saya sendiri mempunyai kesan yang mendalam terhadap tempat ini. Masyarakat Riau harus berbangga dengan adanya perpustakaan Soeman HS di kotanya. Gerakan Riau membaca sungguh terakomodir dengan adanya perpustakaan ini.

Perpustakaan yang dikelola oleh Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Daerah Propinsi Riau ini selalu ramai dikunjungi, baik pelajar, mahasiswa maupun masyarakat umum dari dalam kota maupun luar daerah. Lebih kurang 1.000 -1.500 pengunjung yang datang ke perpustakaan ini setaip harinya. Untuk jam operasionalnya sendiri buka dari jam 08.00 - 17.00 Wib (Weekday) dan 09.00 -14.00 (Weekend). Karena lokasinya berada di pusat kota, kita tidak akan kesulitan untuk menemukan keberadaan perpustakaan Soeman HS, apalagi dengan bentuk bangunannya yang unik sangat mudah dikenali.

Daripada jalan-jalan di mall cuma menghabiskan duit, mending berwisata edukasi ke perpustakaan Soeman HS yuk. Mudah-mudahan bukan hanya propinsi Riau yang mempunyai gedung perpustakaan terbaik, tetapi daerah lain dapat mengikuti jejak daerah ini untuk menggerakkan minat membaca masyarakat di Indonesia.

Share this:

, , ,

KOMENTAR

0 komentar:

Posting Komentar