Danau Linting, Danau Hijau Nan Eksotis


Danau Linting adalah salah satu tempat wisata yang cukup menarik yang berada di Desa Sibunga-bunga, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu (STM Hulu), Kabupaten Deli Serdang, Propinsi Sumatera Utara. Danau ini terkenal akan keindahan airnya yang berwarna hijau kebiru-biruan atau hijau toska.


Danau ini tidak begitu besar dan berbentuk seperti lingkaran dan memiliki luas sekitar 1 hektare. Pada tepian danau terdapat pohon-pohon rindang yang dapat menambah keindahan dan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung kelokasi danau. Karena merupakan danau vulkanik maka danau ini memiliki air yang hangat dan mengandung belerang. Walaupun mengandung belerang tetapi air disekitar danau ini tidak berbau, Kedalaman danau Linting sampai saat ini belum terukur dan menurut warga setempat bahwa kedalaman danau ini sampai ke perut bumi sehingga pengunjung dilarang untuk berenang ke tengah danau.

Menurut masyarakat setempat, danau linting terbentuk karena kejadian alam. Pada mulanya Danau Linting adalah sebuah bukit yang kemudian runtuh karena adanya getaran besar seperti gempa sehingga membentuk cekungan yang berisi air. Sampai saat ini belum ada penelitian resmi yang mengungkapkan fakta tentang terbentuknya Danau Linting

Demikian juga asal mula nama Danau Linting sendiri, belum diketahui secara pasti asal mula nama Danau Linting ini, ada yang mengatakan bahwa didaerah sekitar danau dahulunya sepi dan sering dijadikan sebagai tempat orang melinting ganja sehingga dinamakan Danau Linting.  

Saat ini danau linting menjadi salah satu tempat wisata yang cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal khususnya kalangan anak muda. Karena keindahan airnya banyak wisatawan yang penasaran ingin melihat keindahan dari danau ini walaupun lokasinya berada cukup jauh dari kota Medan.

Untuk mengunjungi danau linting terdapat 4 jalur yang dapat ditempuh, yaitu :

1. Medan - Deli Tua - Patumbak - Talun Kenas - Sibiru-biru - STM Hilir - Tiga Juhar
2. Medan - Simpang Amplas - Patumbak - Talun Kenas - Sibiru-biru - STM Hilir - Tiga Juhar
3. Lubuk Pakam - Jalan Raya Galang - Bangun Purba - STM Hilir - Tiga Juhar
4. Tanjung Morawa - Bangun Purba - Sibiru-biru - STM Hilir - Tiga Juhar.

Jika kita dari kota Medan maka pilihan jalur yang dapat ditempuh adalah jalur 1 dan 2 dengan jarak tempuh lebih kurang 70 km dan memakan waktu lebih kurang 1,5 - 2 Jam perjalanan. Akses jalan menuju lokasi objek wisata ini cukup bagus dan sudah diaspal, dapat dilalui oleh kenderaan roda dua dan empat, hanya saja badan jalannya tidak begitu lebar sehingga harus berhati-hati jika berkunjung mengendarai roda empat. 

Masuk ke lokasi objek wisata ini, pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp. 5.000 per orang. Dilokasi juga tersedia pondok-pondok mungil beralas tikar yang dapat disewa dengan tarif Rp. 10.000 - Rp. 20.000 tergantung besar kecilnya pondok. Pengunjung dapat memilih pondok sesuai dengan spot atau lokasi yang menarik di tepian danau. Kita dapat bersantai sambil menikmati indahnya air danau ataupun berendam ditepian danau. Pada beberapa pohon juga terdapat ayunan yang dapat digunakan pengunjung untuk bermain sambil merendam kaki di tepian danau. Melihat hijaunya air danau yang hijau dan terkadang berubah menjadi kebiruan memberikan sensasi tersendiri kepada yang melihatnya, tenangnya air danau juga membuat kita seakan terlepas dari kepenatan dan hiruk pikuknya kota.



Saat ini keindahan Danau Linting sedikit berkurang dan kelihatan kurang terawat, apalagi dipinggiran danau sudah di pagari dengan tembok untuk menjaga keamanan pengunjung sehingga danau ini sepintas terlihat seperti kolam berair hijau.
Disekitar Danau Linting ini juga terdapat objek wisata lain yaitu Goa Perak dan Goa Emas serta Kolam Delapan Putri.

Objek wisata Danau Linting memiliki potensi yang sangat luar biasa, sayangnya belum dikelola dengan maksimal, apalagi disekitar lokasi Danau Linting masih banyak objek wisata lain yang tak kalah menarik seperti : Lau Mentar Canyon, Jembatan Gantung Lau Hulung, Air Terjun Tanjung Raja dan Air Terjun Pelangi

Share this:

,

KOMENTAR

0 komentar:

Posting Komentar