Goa Emas dan Goa Perak



Artikel kali ini adalah lanjutan perjalanan saya ketika mengunjungi objek wisata Danau Linting yang berada di Desa Sibunga-bunga Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu (STM Hulu), Kabupaten Deli Serdang, Propinsi Sumatera Utara.
Di dalam kawasan objek wisata Danau Linting terdapat objek wisata menarik lainnya yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung kesini yaitu Goa Perak, Goa Emas dan Goa Tao Delapan Putri (Kolam Delapan Putri).
Untuk masuk ke objek wisata ini, setiap pengunjung akan dikenakan biaya Rp. 2.000 + Rp. 5.000 untuk biaya pemandu wisatanya. Tarifnya cukup murah dan terjangkau. Kali ini saya ditemani oleh adik-adik manis (Aldina dan Asri) anak dan keponakan dari pengelola objek wisata ini sebagai pemandu menuju Goa.
Ada nuansa mistis ketika menuju lokasi objek wisata ini, bukan hanya karena lokasinya yang cukup sepi dan di kelilingi oleh tanaman sawit dan pohon-pohon yang cukup rindang tetapi juga karena adanya cerita-cerita yang bernuansa gaib dari adik-adik kita ini. Mereka bercerita dengan polosnya dan apa adanya kepada saya layaknya seperti kepada teman mereka,


Sesampai di lokasi, tempat pertama yang saya lihat adalah Goa Tao Delapan Putri. Tempat ini bukanlah sebuah goa seperti namanya, tetapi hanya sebuah kolam kecil yang ditengahnya terdapat pohon, dikenal juga dengan nama Kolam Delapan Putri. Jika dilihat sekilas dan tidak diberitahu, pengunjung mungkin tidak akan tahu bahwa tempat ini adalah sebuah tempat yang dikeramatkan. Berdasarkan informasi, kolam ini merupakan tempat pemandian delapan putri yaitu : Putri Hijau, Putri Laut, Putri Kasih, Beru Sembiring, Beru Karo, Beru Tarigan, Beru Parangin-angin, dan Beru Ginting. Pengunjung dilarang untuk mencuci tangan ataupun membasuh muka bahkan menjamah air dikolam ini. Berdasarkan cerita adik-adik pemandu, jika pengunjung mempunyai indera keenam maka  akan dapat melihat keberadaan puti-putri ini.


Tak jauh dari Kolam Delapan Putri terdapat sumber mata air yang dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit, terutama penyakit kulit. Ditempat ini pengunjung boleh menyentuh dan mempergunakan airnya, terutama untuk alasan penyembuhan.


Setelah melihat Goa Tao Delapan Putri, sekarang giliran untuk melihat-lihat Goa Emas dan Goa Perak yang membuat saya penasaran. Tempat pertama yang saya masuki adalah Goa Perak, tetapi sebelum masuk kedalam Goa, ada beberapa syarat yang harus dipatuhi oleh setiap pengunjung yaitu : harus berbicara sopan (tidak boleh berbicara sembarang), jangan berganti pakaian di lokasi, jangan mengambil ataupun menyentuh perak ataupun emas yang ada didalam goa). Jika dilihat sekilas Goa Emas dan Goa Perak tidak mirip seperti goa kebanyakan, hanya sebuah lubang besar. Dengan menggunakan lampu senter sebagai penerangan, kamipun memasuki Goa Perak. Untuk masuk kedalam Goa ini, pengunjung harus menundukkan badan atau berjongkok, karena pintu masuknya yang cukup sempit. Untuk pengunjung berbadan besar atau gemuk sebaiknya tidak memasuki goa ini, apalagi udara didalam goa ini cukup panas dan pengap sehingga kita akan merasa sesak jika berlama-lama berada didalam goa.
Goa Perak yang disebut juga sebagai Goa Kakek ini dipercaya dahulunya dijaga oleh seekor naga. Pada bagian atas goa terdapat butiran-butiran perak yang menjadi daya tarik goa ini. Pengunjung dilarang untuk menyentuh apalagi mengambil butiran-butiran perak didalam goa.


Tampak Dalam Goa Perak

Setelah keluar dari Goa Perak yang cukup panas, saya pun dipandu untuk masuk ke Goa Emas yang disebut juga Goa Nenek. Jika diperhatikan dengan seksama maka pada pintu masuk ke Goa Nenek terdapat relief bebatuan pada Goa yang menyerupai gambar kepala seorang wanita tua yang memakai pakaian adat batak/karo. Kedalaman goa ini hanya berkisar 2 meter saja tetapi suhu udara didalam goa ini berbeda dengan Goa Perak. Suhu udara didalam Goa Emas cukup sejuk dan dingin. Goa Emas dipercaya di jaga oleh seekor ular, hal ini dapat dilihat dari dalam goa dimana terdapat batu yang menyerupai ular yang melingkar. Sesuai namanya, Goa ini juga terdapat butiran-butiran emas pada bagian atas dalam goa. Belum dapat dipastikan keaslian emas didalam goa ini, karena belum ada penelitian lebih lanjut.



Tampak Dalam Goa Emas

Demikianlah hasil liputan perjalanan saya ke objek wisata Goa Tao Delapan Putri, Goa Emas dan Goa Perak. Semoga bermanfaat.

Share this:

,

CONVERSATION

1 komentar:

  1. http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/03/5-tips-mudah-bangun-pagi-lebih-awal.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/03/8-alasan-lebih-baik-punya-di-apartemen.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/03/tak-suka-minum-air-nyawa-wanita-cantik.html

    QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!

    BalasHapus