Candi Somdet Nyanasamvara Cemara Asri


Candi Somdet Nyanasamvara

Ada yang baru di komplek perumahan Cemara Asri, tepatnya tanggal 10 Januari 2016 lalu diresmikan sebuah Candi umat Buddha yang bernama Candi Somdet Nyanasamvara yang berada di Vihara Sakyamuni Buddha-Indonesia Theravada Buddhist Centre (ITBC).
Candi yang diresmikan oleh Bupati Deli Serdang, H. Asri Tambunan dan dihadiri ribuan umat Buddha ini berukuran 7 x 8 meter persegi dengan tinggi 15 meter.


Proses pembagunan candi ini memakan waktu sekitar 6 bulan. Material candi ini menggunakan batu candi yang berasal dari Suka Bumi. Didalam candi sendiri terdapat sebuah Buddha Rupang yang bernama Phrapairipinat yang berarti para pengganggu menyingkir.



Pembangunan candi ini sebagai wujud penghormatan kepada yang di permuliakan Somdet Nyanasamvara Somdet Phra Sangharaja. Somdet Phra Nyanasamvara adalah Patriarkh Buddha Tertinggi (Sangharaja) Thailand ke-19. Dia ditunjuk oleh Raja Bhumibol Adulyadej untuk menduduki posisi tersebut.
Perkembangan agama Buddha di Indonesia, khususnya aliran Theravada, tidak lepas dari peran besar mendiang Sangharaja Thailand Somdet Phra Nyanasamvara yang wafat di usia ke-100 pada tanggal 24 Oktober 2013 lalu. Banyak kontribusi positif yang diberikan oleh Somdet Nyanasamvara dalam perkembangan agama Buddha di Indonesia pada era tahun 60 -70 an, khususnya di pulau Sumatera sejak runtuhnya kerajaan Sriwijaya dan Mojopahit.
Maka sudah sepatutnya Somdet Sangharaja dikenang dengan mendirikan Candi Somdet Nyanasamvara sebagai monumen untuk mengenang jasanya.
Candi Somdet Nyanasamvara ini berada di Vihara Sakyamuni Buddha Indonesia Theravada Buddhist Centre (ITBC) Jl. Cemara Boulevard Utara No.1 Komp. Cemara Asri Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang, berdekatan dengan Vihara Maitreya.

Share this:

,

KOMENTAR

0 komentar:

Posting Komentar