Warna Warni Kuil Shri Mariamman Medan

Di kota Medan terdapat kuil Hindu yang cukup terkenal yaitu Kuil Shri Mariamman. Kuil ini berada di kawasan Kampung Madras atau yang lebih dikenal dengan nama Kampung Keling dimana didaerah ini banyak bermukim etnis India Tamil.


Jika dilihat sekilas kuil ini hanya berupa tempat ibadah bagi umat Hindu, tetapi jika ditelurusi lebih lanjut ternyata kuil ini mempunyai sejarah dan budaya Hindu yang kental
Kuil Shri Mariamman merupakan kuil hindu tertua di kota Medan. Kuil ini dibangun pada tahun 1884 untuk memuja dewi Mariamman. Dewi Mariamman adalah dewi penyakit dan hujan yang merupakan dewi utama umat Hindu India Selatan dan dipuja dibanyak pedesaan seperti didaerah Tamil Nadu, Karnataka dan Andhra Pradesh

Kuil ini terletak di Jl. Teuku Umar (bagian depannya) dan Jl. KH. Zainul Arifin (bagian samping kanannya). Letak kuil ini sangat strategis, yaitu berada dekat dengan salah satu Mall terbesar di kota Medan SUN Plaza, Mesjid Agung, daerah wisata kuliner Pagaruyung Kampung Keling, Cambridge Apartment dan sebagainya. Sehingga menjadikannya destinasi wisata yang wajib dikunjungi di kota Medan. Kuil ini dikelola oleh salah seorang keluarga pemilik perusahaan besar Texmaco, yaitu Lila Marimutu.

Kuil ini dikelilingi tembok setinggi 2,5 meter. Begitu kita masuk kedalam kuil akan terlihat indahnya arsitektur dari kuil ini. Dengan campuran warna pada dinding dan relief-relief pada kuil membuat bangunan ini kaya akan warna, budaya dan cerita. Didalam kuil terdapat patung-patung berbagai dewa dari umat Hindu. Dibagian depan pintu masuk ke kuil terdapat relief patung dewa Siwa pada bagian atas pintu dan disisi kiri dan kanan pintu terdapat patung Tuwarsakti yaitu penjaga dewi Shri Mariamman yang mempunyai wajah cantik dan bertangan empat dengan trisula, gada dan pasa ditangannya.
Pada pintu gerbang terdapat sebuah Gopuram, yaitu menara bertingkat yang biasanya dapat ditemukan di pintu gerbang kuil-kuil Hindu diseluruh dunia









Dengan gaya arsitektur Dravidia khas India bangunan kuil ini mempunyai banyak relief-relief dan patung-patung yang menggambarkan kehidupan umat Hindu zaman dahulu.
Kuil ini sendiri sudah mengalami renovasi sebanyak dua kali, renovasi pertama pada tahun 1950 dan struktur saat ini adalah hasil dari renovasi kedua pada tahun 1989. Warna cat bangunan kuil sendiri sering mengalami perubahan terutama pada tembok bagian luar.

Selain digunakan untuk sembahyang, kuil ini sering dipenuhi umat Hindu apabila ada perayaan Deepawali dan Thaipusam.
Karena keindahan kuil ini banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang berkunjung ke kuil ini. Kuil Shri Mariamman buka dari jam 06.00 - 12.00 dan dari jam 16.00 - 20.00 setiap harinya. Untuk masuk ke lokasi ini tidak dipungut bayaran. Karena objek wisata ini adalah rumah ibadah sebaiknya kita harus menjaga etika dan sopan santun ketika berkunjung dan menghormati rumah ibadah agama lain.

Share this:

,

KOMENTAR

0 komentar:

Posting Komentar