Gereja Graha Bunda Maria Annai Velangkanni

Satu lagi bangunan unik dengan arsitektur yang mengagumkan berada dikota Medan. Bangunan itu adalah Gereja Graha Bunda Maria Annai Velangkanni yang berada di Jl. Bunga Sakura III No. 10 Tanjung Selamat - Medan.
Dari kejauhan bangunan ini sudah sangat menarik untuk dilihat karena keunikkannya. Seakan mempunyai magnet, bangunan ini selalu menarik minat masyarakat untuk mengunjunginya. Pada awalnya saya selalu penasaran dengan bangunan yang satu ini. Karena bentuknya yang seperti bangunan kuil milik agama Hindu, maka saya menganggap bangunan ini merupakan sebuah kuil tempat beribadah umat Hindu. 


Sekilas bangunan ini kelihatan seperti sebuah kuil tempat peribadatan umat Hindu keturunan India atau Tamil, tetapi bangunan ini adalah sebuah gereja Katolik yang didesign dengan megah dan indah menyerupai kuil hindu. Gereja ini didesign oleh Pastor James Bharataputra S.J dengan arsitektur Indo-Mogul. Interior gereja penuh relief, lukisan dan ornamen. Gereja ini dibangun pada September 2001 diatas lahan seluas 8.000 meter persegi yang memakan biaya sebesar 4 milyar rupiah, dan diresmikan pada 1 Oktober 2005 bertepatan dengan hari pembukaan Bulan Rosario. 
Bangunan gereja ini berbentuk menara candi dan terdiri dari 2 tingkat. Lantai dasar dijadikan aula, lantai pertama merupakan tempat ibadah dan balkon yang 14 jendelanya menceritakan jalan salib. Pada lantai dua terdapat patung berdiri Anna Velangkanni dan putranya setinggi 2 meter 
Pada sebelah kiri graha terdapat Kapel Annai Velangkanni untuk tempat berdoa harian dan didepannya terdapat sebuah taman mini, taman untuk anak-anak dan juga tempat penginapan gratis untuk pengunjung/penziarah yang datang dari luar kota.




Hampir setiap hari bangunan ini ramai dikunjungi masyarakat. Banyak yang datang ke tempat ini, selain untuk ziarah dan beribadah ada juga yang datang untuk memuaskan rasa penasaran mereka tentang indahnya bangunan ini dan ada juga yang datang khususnya remaja untuk berfoto ria didepan gedung gereja Graha Bunda Maria Annai Velangkanni. It's worth to visit this place guys.

Share this:

,

KOMENTAR

0 komentar:

Posting Komentar