Wisata Religi Ke IBC-Taman Alam Lumbini Berastagi



Daerah wisata Berastagi sangat banyak memberikan pilihan tempat-tempat wisata yang indah dan menarik. Salah satunya adalah IBC Taman Alam Lumbini yang terletak di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolatrayat Kabupaten Karo - Berastagi.
Taman Alam Lumbini (TAL) merupakan tempat pelatihan diri bagi umat Buddha seperti meditasi dan aktivitas Buddhis lainnya yang bertujuan untuk pengembangan Buddha Darma.
Taman ini dibuka untuk umum sejak tahun 2010 dan memiliki areal seluas 3 hektar yang diatasnya terdapat taman-taman dan sebuah Pagoda yang sangat megah dan indah berwarna kuning keemasan dengan relief-relief dan patung-patung khas umat buddha yang merupakan replika dari Pagoda Shwedagon yang berada di Myanmar dan menjadi daya tarik dari taman ini. Konon Pagoda yang terdapat di Taman Alam Lumbini ini merupakan replika tertinggi di Indonesia dan tertinggi kedua setelah Myanmar.



Disebelah kiri bangunan Pagoda terdapat areal taman yang indah nan asri. Diareal taman terdapat pohon-pohon dan bunga-bunga yang ditata dan dirawat dengan baik. Selain itu terdapat juga patung-patung Buddha dan patung adat Batak yang menjadi daya tarik taman ini. Taman ini memiliki bentuk yang menurun kebawah yang dilengkapi anak-anak tangga untuk pengunjung agar dapat mengelilingi dan menikmati keindahan taman. Selain itu terdapat jembatan gantung sepanjang 20 meter yang dibangun untuk memudahkan pengunjung dan pegawai taman menikmati keindahan pemandangan taman dari atas. Jembatan ini dinamakan "Jembatan Cinta Kasih" dengan jumlah maksimal 10 orang.



Sebelum memasuki areal Taman Alam Lumbini, kita akan disuguhkan pemandangan kebun-kebun strawberry yang dapat kita petik sendiri (tetapi setelah itu ditimbang dan dibayar ya) dan monyet-monyet yang bermain-main diareal parkir taman ini. Sebuah pemandangan yang mengasikkan.
Untuk memasuki objek wisata Taman Alam Lumbini, pengunjung tidak dipungut bayaran dan hanya mengisi buku tamu yang diberikan petugas didepan gerbang pintu masuk, tetapi kita diwajibkan untuk mematuhi beberapa peraturan/tata tertib yang ditetapkan oleh pengelola kepada pengunjung.


Share this:

,

KOMENTAR

0 komentar:

Posting Komentar